Blog - Photo Tips - Detail
 
View All   |   Photo Tips   |   Photo Series   |   Photo Contest   |   Article   |   Opinion   |   Topic
 
16 Oct  
Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel
2013  
 
Hampir sebagian besar ponsel apalagi smartphone sudah dilengkapi dengan kamera. Mulai sederhana dengan megapiksel kecil hingga yang setara dengan kemampuan kamera saku. Produsen ponsel berlomba meningkatkan kemampuan kamera hingga bisa digunakan untuk kepentingan fotografi serius.

Sensor 8 hingga 16 MP (megapiksel) sudah lumrah pada smartphone. Chip procesing gambar, memori RAM dan CPU prosesor semakin baik hingga memudahkan bekerja dengan gambar. Tambahan flash, optical image stabilization serta optical zoom juga ada seperti pada Samsung Galaxy S4 Zoom. Kemampuan yang mumpuni, berukuran kecil dan ringan, bisa dipakai menelepon dan terhubung ke internet merupakan kelebihan smartphone berkamera.

Fitur pemotretan smartphone saat ini tergolong lengkap. Mode pemotretan manual, mode fokus, mode metering, kompensasi pencahayaan, pengaturan ISO, pengaturan white balance, hingga pengaturan flash juga umum ditemui. Bagi pengguna awam, fitur smart mode seperti  memotret sunset, potrait, sport, malam, kembang api akan memudahkan serta menjanjikan hasil foto yang baik. Pada beberapa smartphone bidikan tidak hanya tunggal, ada panoramic shot untuk mengambil gambar panorama dan  continous shot untuk momen yang cepat.

Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel oleh Andi Sucirta
Foto 1. Memotret continous dengan Samsung Galaxy S4 Zoom.

Smartphone sebagai alat komunikasi yang selalu dibawa dengan kameranya bisa membuat anda berpikir ulang melewatkan momen menarik begitu saja. Tidak perlu menyesal karena  tidak membawa DSLR, pergunakan kamera ponsel dan memotret. Pada tahun 2005 fotografer Robert Clark pernah mengeluarkan buku kumpulan foto dari hasil pemotretan menggunakan kamera ponsel. Saat itu dia menggunakan ponsel berkamera 1.5 MP untuk memotret segala hal menarik yang ditemuinya selama 50 hari berjalan keliling Amerika.

Memotret dengan kamera ponsel sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memotret menggunakan kamera saku. Anda bisa baca juga post sebelumnya tentang Tips Memotret Dengan Kamera Saku. Dibawah diurai kembali kiat mendapat hasil pemotretan yang baik menggunakan kamera ponsel, termasuk menggunakan kelebihannya sebagai alat komunikasi:

a. Pahami fitur kamera ponsel
Sering pemakai ponsel tidak tahu dan mengerti fitur apa saja yang dimiliki kamera ponselnya. Luangkan waktu memahaminya dan bereksperimen lebih sering. Trial and error menjadi salah satu cara cepat belajar memotret. Coba pakai smart mode, memotret manual, lakukan kompensasi cahaya, fokus makro, pakai flash, merubah ISO, white balance, continous shot, memotret panorama dan lainnya. Lakukan berulang sampai anda mahir.

b. Aplikasi dasar fotografi
Cara cepat memperbaiki hasil pemotretan dengan kamera apapun adalah mengerti tentang dasar fotografi. Seperti komposisi dengan rule of third, pencahayaan yang baik, bermain shadow dan highlight, bermain warna, garis, foreground, background dan lainnya. Tentang dasar fotografi bisa dibaca post Tips Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik - Basic Photography 1 (Rules).

Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel oleh Andi Sucirta
Foto 2.
Cahaya, shadow, highlight dan persfektif, bagian dasar fotografi yang membuat momen biasa menjadi menarik. Foto bayangan saya memotret menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4 Zoom.

c. Perhatikan cahaya
Kamera ponsel umumnya mempunyai kelemahan pada pemotretan dengan kontras tinggi misalnya di siang hari. Jadi perhatikanlah waktu pemotretan, pagi dan sore ketika matahari masih rendah merupakan waktu terbaik. Jika harus memotret siang, coba buat dalam format hitam putih. Sedang di waktu pencahayaan terbaik memotretlah dalam warna. Untuk memperdalam pengetahuan tentang cahaya bisa baca post tentang Tips Membuat Hasil Pemotretan Menjadi Lebih Baik - Basic Photography 2 (Light).

d. Memotret lebih banyak
Memotretlah layaknya seorang profesional, mereka memotret sebanyak mungkin yang bisa dibuat. Variasikan sudut pemotretan, seting, maupun komposisi. Apa yang baik saat ini, anda tidak dibebani biaya lebih besar karena memotret lebih banyak. Buat lebih banyak foto dan pilih yang terbaik.

e. Memegang lebih kokoh
Kesalahan yang banyak dilakukan ketika memotret dengan ponsel yaitu shake atau goyang ketika rana ditekan. Shake meningkatkan resiko blur (kekaburan) dan mengurangi ketajaman gambar yang dihasilkan. Pegang ponsel dengan kedua tangan agar cukup kokoh. Perhatikan juga agar jari tidak menyentuh permukaan lensa dan flash ketika digunakan.

f. Bijaksana memakai zoom
Sebagian besar kamera ponsel menggunakan digital zoom yang pertambahan focal lenght dihasilkan dari mengcrop gambar dengan  hanya menggunakan bagian kecil sensor sehingga kualitas foto turun. Sebaiknya hindari menggunakan digital zoom, bergerak mendekati subjek bisa menjadi solusi yang lebih baik. Jika mempunyai optical zoom seperti Samsung Galaxy S4 Zoom anda tidak perlu khawatir karena pertambahan focal lenght nya dari mekanisme optik sehingga kualitas foto terjaga.

Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel oleh Andi Sucirta
Foto 3. Memotret dengan optical zoom smartphone Samsung Galaxy  S4 Zoom. Walau di zoom foto tetap tajam, metering juga bekerja baik pada kondisi backlighting yang tergolong susah.

g. Memahami lensa
Lensa kamera ponsel mempunyai rentang focal length terbatas dan ruang tajam yang cukup luas. Di beberapa smartphone, pengaturan bukaan diafragma tersedia walau terbatas hanya pada nilai maksimal dan minimal. Cara yang lebih baik untuk mengetahui kemampuan lensa yaitu bereksperimen. Cobalah memotret dan perhatikan ruang tajamnya. Apakah cukup luas, bagaimana dengan blur foreground atau background pada fokus makro misalnya. Pelajari agar anda mengerti karakteristiknya.

h. Memakai flash
Karena ukuran sensornya kecil, rata-rata kamera ponsel mempunyai kendali noise ISO tinggi kurang baik. Solusinya bisa gunakan flash ketika harus memotret pada kondisi minim cahaya. Flash juga bisa sebagai fill in untuk menerangi area shadow. Jangkauan flash biasanya terbatas pada jarak 1-2 meter, jadi perlu cermat memperkirakan jarak.

i. Ketahui kemampuan baterai
Ketahuilah kemampuan baterai, misalnya pada saat aktif berkomunikasi, online, memotret, memakai flash hingga mereview hasil pemotretan. Anda tentu tidak ingin kehilangan momen atau tidak bisa menelepon hanya karena baterai habis. Pastikan baterai terisi cukup, apalagi jika akan banyak memotret. Jangan lupa membawa charger karena pemilik ponsel jarang yang mempunyai baterai cadangan.

j. Menyimpan foto dengan baik
Kartu memori ponsel digunakan untuk menyimpan banyak data termasuk foto. Atur agar foto tersimpan dalam folder khusus sehingga mudah dicari. Back up secara berkala dan lakukan dengan baik. Dengan cara ini anda bisa terhindar dari memori penuh ketika sedang asik memotret. Sama halnya dengan baterai, pemilik ponsel jarang menyiapkan memori cadangan.

k. Perbaiki hasil pemotretan
Jika hasil pemotretan belum maksimal, beberapa smartphone menyediakan fasilitas editing untuk perbaikan foto. Mengatur gelap terang, crop, hingga aplikasi filter bw, sephia, vintage, vignette bisa dicoba. Ada banyak aplikasi pengolah foto yang bisa diunduh dari internet. Perbaikan sederhana bisa membuat foto semakin menarik.

l. Sharing foto anda
Jangan lupa berbagi foto melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram atau aplikasi lainnya. Bisa berbagi untuk kebahagian, memperoleh masukan belajar, hingga membuat catatan perjalanan melalui foto. Kemampuan sharing  inilah menjadi salah satu kelebihan ponsel berkamera.

Jika kamera ponsel satu-satunya alat yang anda miliki untuk memotret maka pergunakanlah. Bagi yang sudah berada dizona nyaman memakai DSLR, mencoba kamera ponsel bisa memberi pengalaman baru. Pahami apapun kameranya dan segera memotret kawan ! (Andi Sucirta)

 
Like
   15
Share on Tumblr
 
Previous Post : Tips Memotret Dengan Kamera Saku Next Post : Thirst of Entertaiment Photo Essay
 
Author:
Foto dan tulisan blog ini dibuat oleh Andi Sucirta. Semua materi blog hanya dapat dipakai untuk kepentingan non komersil dengan mencantumkan credit tittle penulis.
 
 
Jika anda senang membacanya, pertimbangkan membagikannya melalui :
Share on Facebook Share on Twitter Email Share on Stumbleupon Share on Reddit Share on Mixx Share on Technorati Share on Digg Share on Delicious Add guest book
 
 
RELATED POST
Tips Memotret Dengan Kamera Saku
Kenali Kamera DSLR, Biar Makin Klop !
Tips Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik - Basic Photography 1 (Rules)
Tips Membuat Hasil Foto Menjadi Lebih Baik - Basic Photography 2 (Light)
 
 
COMMENTS
5
Berca
2016-04-26 23:13:39

Terima kasih untuk infonya.

 
 
4
Adar
2015-03-05 22:52:44

Ada benernya yang mas bilang, kalo ngerti triknya, foto2 pake smartphone juga bisa bagus kok. jadi ga perlu beli dslr mahal2 :)

Andi Sucirta said :

Terimakasih sudah berkunjung, mudahan bermanfaat.

 
 
3
Vatia
2015-02-14 11:48:13

Terima kasih informasinya, kebetulan saya juga hobby memotret selain memang juga saya jadikan salah satu lahan mencari rezeki. Hanya tidak jarang ketika tanpa sengaja saya menemukan momen-momen bagus pada saat saya sedang tidak membawa kamera, mau tidak mau saya hanya bisa mengabadikannya dengan kamera HP. Informasi di atas sangat bermanfaat untuk saya. Sekali lagi saya berterima kasih ya.

Andi Sucirta said :

Terimakasih telah berkunjung, mudahan bermanfaat materi tersebut.

 
 
2
Meydhi
2014-02-24 21:43:19

Atikel tentang 'Fotografi' yang anda tulis sangat menarik dan bagus. Kita juga punya artikel mengenai 'Fotografi', silahkan dikunjungi dan dibaca, berikut linknya http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id terima kasih semoga bermanfaat

Andi Sucirta said :

Terimakasih telah berbagi, sukses selalu.

 
 
1
Iswan
2013-10-16 06:05:23
Berbeda dengan informasi pada kamera kompak yang lebih terbuka, fitur fisik kamera di handphone cenderung ditutupi, bahkan marketing cenderung mengexploitasi ketidakpahaman publik dengan mem-blow-up jumlah pixel yang lebih banyak seolah hasil pasti lebih baik. Disisi lain menutupi informasi ukuran sensor serta bukaan lensa yang dipakai. Rata-rata ukuran sensor kamera smartphone adalah 1/3"-1/3.2" - sangat kecil, hanya beberapa kamera dari merek tertentu yang memasang ukuran sensor lebih besar. Bukaan lensa / aperture rata-rata f/2.4 - f/2.6, bukaan terbesar di f/2.0 - f/2.2 pada handphone merek tertentu. Dengan kondisi fisik sensor yang kecil, bukaan lensa yang kecil pula maka penambahan jumlah pixel bukanlah suatu jawaban yang diharapkan untuk mendapatkan foto yang baik saat kondisi terang dan kondisi kurang cahaya. Skill dan kemampuan fotografer tetap paling utama, tapi dalam kondisi tertentu dukungan alat sangat membantu menghasilkan foto lebih baik.
Andi Sucirta said :
Terimakasih pendapatnya Iswan, saya sepakat dengan kesimpulan anda. Post saya sebelumnya juga ada tentang "Megapiksel kamera, lebih besar lebih baik?"
 
 
 
LEAVE A COMMENT
Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *
 
Name *
E-mail *
Website
 
Notify me of followup comments via e-mail
 
 
 
 
 
Andi's Blog
 
All about my photography activities, photo tips, opinion and other useful information. Content for the moment only available in Bahasa Indonesia.
 
Latest Blog
» Sekilas Fotografi Potret
» Foto Yang Baik Itu Bagaimana?
» Kacamata Kuda Fotografer
» Sekilas Fotografi Dokumenter
» Against Malaria Photo Essay
 
Photo Tips
» Tips Memotret Dengan Kamera Ponsel
» Tips Memotret Dengan Kamera Saku
» Kiat Membeli Kamera Digital SLR
» Kenali Kamera DSLR, Biar Makin Klop !
» Tips Memotret Anak-Anak
 
Search Photo
 
Search Blog Post
 
Photo Series
» Against Malaria
» Thirst of Entertaiment
» Light of Hope
» Huize - China
» China Blue Fashion
» Pengrupukan Day
» The Chosen Soul
» Balinese Grand Prix
» Cement Ambience
» Nomaden Brick Makers
» The Dragon Land
» Bali Cockfighting
» Happiness in Sadness
» Bloody Offerings
» Wayang Lemah
 
Blog Archive
 
Review Archive
 
 
 

Bali-based freelance photographer specializing in social cultural documentary, travel, and fine art. My works intensively explore about Bali and Indonesia with passion in capturing folklore, culture, human, nature with their unique surroundings.

READ MORE
   
Facebook2 Facebook
Twitter2 Twitter
Linkedin Linkedin
RSS Feed RSS Feed
   
Flickr Flickr
© 2008 - 2017 Andi Sucirta. All rights reserved. Best view 1024x768, IE 5.5, Safari and above.